//
you're reading...
Kesehatan

Studi: VItamin B Mampu Kurangi Sakit Menstruasi

Ilustrasi vitamin B12.Menurut American Journal of Clinical Nutrition, perempuan yang rajin mengonsumsi bayam, sereal dan bahan makanan yang kaya mengandung vitamin B, berisiko 25 persen lebih rendah mengalami sakit sebelum menstruasi (PMS).

Penelitian ini tidak membuktikan bahwa vitamin B, seperti tiamin dan riboflavin mampu mencegah sakit sebelum menstruasi, tapi hanya mampu mengurangi sakit.

“PMS parah mempengaruhi satu dari enam perempuan. Kadang-kadang diobati dengan pil KB atau antidepresan,” kata Elizabeth Bertone-Johnson, peneliti dari Universitas Massachusetts, Amherst.

Para peneliti mengamati pola makan lebih dari 3.000 perempuan selama 10 tahun. Sekitar 1.000 perempuan memiliki gejala PMS sedang sampai berat, seperti kecemasan, depresi, mudah tersinggung, sakit perut, kelelahan dan kembung.

The Institute of Medicine merekomendasikan para perempuan tersebut untuk makan tiamin dan riboflavin setiap hari. Ada kelompok-kelompok yang makan 1,9 mg tiamin setiap hari dan 2,5 mg riboflavin setiap hari.

Wanita yang makan sekitar 1,9 mg tiamin setiap hari melaporkan tak terlalu mengalami sakit saat PMS. Hal yang sama juga terjadi pada perempuan yang makan sekitar 2,5 mg riboflavin setiap hari. Sementara mereka yang mengkonsumsi sekitar 1,4 mg riboflavin setiap hari hari masih mengeluhkan adanya PMS, walau sedikit berkurang.

Bertone-Johnson mengatakan, tiamin dan riboflavin bisa didapat dari dua sampai tiga mangkuk sereal, yang diperkaya kacang-kacangan. Dan untuk tiamin bisa didapat dari sekitar tiga ons daging merah.

Penyebab sakit menjelang menstruasi belum benar-benar diketahui oleh para ahli. Dan saat ini belum ada cara untuk mengobati sakit saat PMS, namun upaya untuk menguranginya patut dijalani, sepanjang memberikan benefit pada kesehatan, demikian Bertone-Johnson.

Penulis: Nessy Febrinastri/FAB

Sumber : http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/247397-studi-vitamin-b-mampu-kurangi-sakit-menstruasi.html

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: