Kampanye berhenti merokok
Kampanye berhenti merokok (sumber: Istimewa)

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perokok mendapatkan motivasi untuk berhenti mendadak karena didorong oleh peristiwa tertentu.

Berikut beberapa momen yang paling sering digunakan para perokok untuk berhenti melakukan kebiasaan buruknya. Mungkin Anda dapat memilih salah satu dari momen itu:

1. Resolusi tahun baru
Sebagian besar orang memiliki resolusi tahun baru. Lakukan resolusi berhenti merokok dengan mengajak teman Anda yang memiliki niat yang sama. Hal ini akan lebih memudahkan Anda melakukannya.

2. Ketika sedang hamil
Setiap batang rokok merugikan bayi Anda dan akan menimbulkan risiko keguguran, melahirkan bayi lebih awal, berat badan lahir rendah, dan cacat lahir. Jika Anda berhenti merokok, Anda dan bayi Anda akan lebih sehat dan Anda cenderung tidak memiliki masalah selama kelahiran.

3. Berhenti merokok pada hari tertentu
Setiap tahun sekitar satu juta perokok, terutama perempuan, memiliki “No Day to Smoke”. Berdasarkan penelitian, resolusi ini tergolong sering sukses membuat seseorang tak lagi merokok. Lebih dari 1,5 juta perokok berhenti untuk selamanya sejak resolusi ini diluncurkan, yaitu pada 1983.

4. Ingin memiliki tubuh fit
Mungkin Anda memutuskan untuk memulai program latihan atau mengambil olahraga baru, dan Anda sekaligus ingin mengurangi rokok. Hal ini sangat berhubungan, sebab ketika olahraga dan Anda mengalami kesulitan bernafas, sangat mungkin ini berhubungan dengan rokok.

5. Ketika Anda menjadi kakek atau nenek
Anda mungkin ingin menghabiskan banyak waktu dengan cucu, tetapi jika Anda merokok Anda bisa membahayakan kesehatan bayi. Pertimbangkan bagaimana perasaan putra atau putri Anda ketika Anda merokok di sekitar bayi mereka.
Berdasarkan penelitian, anak-anak yang menghirup asap rokok memiliki risiko kematian lebih tinggi atau gangguan seperti alergi, asma, infeksi dada dan masalah pernapasan.

6. Saat Anda sakit
Jika Anda pernah mengalami sebuah kondisi yang mengancam jiwa, itu adalah saat yang tepat untuk berhenti merokok. Sebuah penyakit adalah peristiwa yang mampu mengubah hidup Anda dan memecahkan masalah kecanduan Anda pada rokok.

7. Sering pergi ke rumah sakit
Merokok dilarang di rumah sakit, sehingga Anda akan dipaksa untuk menjauhi rokok selama Anda tinggal di sana. Hal ini merupakan kesempatan besar untuk berhenti merokok secara permanen. Jika Anda pernah mengalami operasi, berarti ada insentif tambahan untuk berhenti merokok. Sakit dan rokok akan mempersulit pemulihan dan mempertinggi kemungkinan komplikasi.

Penulis: Nessy Febrinastri/FAB

Sumber:NHS Choises

Sumber : http://www.beritasatu.com/kesehatan/246722-7-momen-yang-bisa-buat-anda-berhenti-merokok.html