//
you're reading...
Sekedar info

Dugaan Kasus Korupsi Tanah Kuburan, Kadinsos OKU Diperiksa Lima Jam

PALEMBANG – Untuk melengkapi berkas perkara tindak pidana korupsi (Tipikor) Tempat Pemakamam Umum (TPU) Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), kembali memeriksa tersangka koruptor tanah kuburan tersebut, Selasa (27/1).

Dijelaskan Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Sumsel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Imran Amir, dari empat orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, pihaknya hanya memeriksa Kepala Dinas Sosisal (Kadinsos) OKU dan pemilik lahan. “Pemeriksaan dilakukan selama lima jam dan secara tertutup,” katanya.

Lanjut Imran, keduanya dipanggil kembali untuk diminta keterangan setelah penyidik menerima petunjuk dari jaksa untuk kembali melengkapi berkas pemeriksaan. Menurutnya jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, berkas pemeriksaan terhadap dua tersangka yang dilimpahkan beberapa waktu yang lalu masih ada yang harus dilengkapi.

“Untuk itulah, kedua tersangka kita panggil kembali untuk diminta keterangan. Keduanya datang sendiri memenuhi panggilan dan diperiksa lebih kurang selama lima jam,” kata Imran.

Diceritakan Imran, dalam kasus ini, ada empat tersangka yang sudah ditetapkan oleh penyidik. Selain Najamudin dan Hidirman, dua tersangka lainya adalah Umirtom (mantan Sekda OKU) dan Ahmad Junaidi (mantan Asisten I Pemkab OKU).

Umirtom dan Junaidi sudah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan sebagai tersangka setelah penyidik menerima petunjuk dari jaksa untuk melengkapi berkas pemeriksaan.

Dalam proses melengkapi berkas pemeriksaan, masih kata Imran, penyidik juga akan memeriksa saksi dan barang bukti yang sudah disita. Selain itu, penyidik juga kembali akan memanggil saksi ahli.

“Jika nanti kita nilai sudah lengkap, berkas pemeriksaan akan kembali kita limpahkan ke jaksa untuk diteliti. Kita berharap, pelimpahan yang kedua nanti bisa dinyatakan lengkap oleh jaksa,” kata Imran.

Sumber : http://kabarsumatera.com/2015/01/dugaan-kasus-korupsi-tanah-kuburan-kadinsos-oku-diperiksa-lima-jam/

Seperti diketahui, keempat tersangka diduga sudah memalsukan laporan proyek pengadaan TPU di Baturaja Timur tahun 2012 yang lalu. Harga Lahan TPU yang harganya ditengarai lebih murah dibuat seolah-olah nilainya sama dengan anggaran yang digunakan, yakni senilai Rp 6,1 miliar.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: