//
you're reading...
Kesehatan

Emosi Tak Stabil dan Percaya Diri Rendah Bikin Wanita Lebih Sulit Orgasme

Sulit mencapai orgasme pasti menimbulkan masalah besar bagi pasangan suami istri. Khususnya pada wanita, kesulitan mencapai orgasme juga dipengaruhi kondisi psikologis yang bersangkutan.

Baru-baru ini, sebuah studi yang melibatkan 500 wanita menunjukkan bahwa rata-rata para istri telah memenuhi indeks fungsi seksual mereka, termasuk gairah bercinta, orgasme, dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan ranjang.

Hasilnya, ditemukan bahwa wanita yang memiliki emosi tidak stabil dan enggan mencoba sesuatu yang baru cenderung memiliki fungsi seksual yang lebih buruk. Selain itu, menurunnya fungsi seksual juga terjadi ketika kaum hawa mengalami kepercayaan diri yang rendah dan selalu menyalahkan dirinya sendiri.

“Sulit bagi wanita yang memiliki kondisi psikologis seperti ini. Tak peduli dia sudah hidup dengan pasangannya selama puluhan tahun tapi ketika mereka tidak terbuka dan tidak mau mencoba sesuatu yang berbeda, mereka akan sulit mencapai kepuasan seksual,” terang penulis utama studi Catrina C Crisp, MD.

Keenganan melakukan sesuatu yang baru dan diiringi dengan ketidak percayaan diri atau perasaan takut gagal dikatakan Crisp juga menyumbang kesulitan wanita untuk orgasme. Untuk mengatasinya, diperlukan sesi konsultasi dengan terapis seks, demikian dikatakan Crisp dalam laporannya di Journal of Sexual Medicine dan dikutip pada Rabu (17/12/2014).

“Sebab, mengubah kepribadian seseorang memang sulit. Sehingga yang bisa dilakukan adalah mekanisme mengcopy. Setidaknya, dengan melakukan panduan yang diberikan, wanita bisa mencoba sesuatu yang memang harusnya ia lakukan ketika berhubungan intim,” papar Crisp.

Peran suami pun diperlukan agar wanita bisa mengatasi masalah sulit orgasme yang dialami. Ketika si dia terlihat kecewa pada dirinya sendiri karena sesi bercinta kurang menyenangkan, suami janganlah menyalahkan istri. Yakinkan padanya bahwa kepuasan seksual saat bercinta adalah hasil kerja sama tim yakni suami dan istri.

Kemudian, tanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya lebih nyaman. Jika suami ingin menjajal ide baru tapi dirasa istri enggan melakukannya, jangan dipendam tapi coba bicarakan di lain kesempatan, demikian diungkapkan Crisp.

“Daripada mengatakan aku ingin melakukan ini, lebih baik utarakan jika Anda berpikiran soal ide untuk bercinta yang seperti ini. Dengan begitu, pasangan masih bisa mempertimbangkan apa yang akan ia lakukan. Dengan kata lain ia masih bisa mengambil kontrol dan berantisipasi,” papar Crisp.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: