//
you're reading...
Kesehatan

Bayi Keluarkan Cairan Mirip Keputihan di Alat Kelamin, Normal atau Tidak?

Bayi perempuan yang baru saja dilahirkan bisa saja mengeluarkan cairan tak berwarna atau berwarna putih seperti keputihan dari organ genitalnya. Padahal umumnya yang mengalami keputihan adalah perempuan dewasa. Gejala apa ini?

Jika bayi perempuan Anda mengalaminya, Anda tak perlu cemas. dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA MARS dalam buku ‘Anak Sehat: 100 Solusi Sehat dr Tiwi’ mengatakan hal seperti itu merupakan hal yang normal. Bahkan pernah dijumpai pula beberapa bayi yang mengeluarkan darah seperti darah haid.

“Hal ini juga termasuk peristiwa yang normal pada bayi yang baru dilahirkan,” kata dokter yang akrab disapa dr Tiwi itu dan ditulis pada Senin (29/12/2014).

Jangan kaget juga jika si kecil yang baru lahir sepertinya membasahi popoknya tiada henti. Penyebabnya adalah kandung kemih yang belum berkembang sempurna, sehingga bayi belum bisa menahan urinenya tidak lebih dari beberapa menit.

“Jangan heran bila bayi baru lahir mengganti popok hingga 20 kali dalam 24 jam,” ucap dr Tiwi.

Sementara itu feses pertama bayi warnanya hijau kehitaman, sangat berbeda dengan feses manusia dewasa. Feses yang disebut mekonium ini memiliki komposisi sepertoi mukus, cairan ketuban, air empedu, dan air yang tertelan saat bayi masih berada di kandungan. Nah, lama-lama feses yang dikeluarkan bayi akan berubah warnanya jadi hijau kecokelatan, kemudian menjadi kuning. Feses ini umumnya lebih padat ketimbang mekonium.

“Mekonium ini merupakan cairan yang sangat kental, sangat steril, dan tidak berbau,” kata dr Tiwi.

Sumber : http://health.detik.com

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: