//
you're reading...
Komputer

Ini Pentingnya Mematikan Telepon Genggam Sejenak

Membiasakan diri bebas gadget selama beberapa waktu membuat Anda justru berkurang stresnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Hal ini tidak diragukan lagi. Terlalu banyak mengecek email atau bekerja dengan telepon membuat kadar stres meningkat. Termasuk mengganggu waktu tidur.

Tapi, waktu yang dihabiskan untuk berkelana di Instagram, Facebook, atau bahkan bermain Candy Crush sangat menyenangkan dan membuat rileks. Benarkah?

Ternyata tidak. Menurut studi yang dilakukan Kent State University pada 500 lulusannya, peneliti menemukan mereka yang paling banyak menggunakan teleponnya justru merasa paling cemas ketika sedang di bawah tekanan.

Seperti dikutip dari laman Shape, Jumat (26/12), ketika sedang sedirian berikan diri Anda kesempatan untuk menjalani momen bebas telepon. Terapkan masa bebas telepon ini bak rutinitas olah raga Anda.

Beri waktu yang spesifik dan realistis buat Anda untuk bebas telepon. Kemudian patuhi jadwal tersebut hingga jadi sebuah kebiasaan.

Penting pula untuk membuat daftar aktivitas analog yang bisa Anda lakukan tanpa telepon genggam Anda, termasuk manfaatnya. Anda bisa lebih fokus, tidur lebih nyenyak, termasuk lebih tidak stres.

Sebenarnya mematikan telepon secara fisik memberi waktu bebas elektronik. Bila Anda terlalu sulit untuk mematikan telepon, berarti Anda sudah terlalu kecanduan.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: