//
you're reading...
Kesehatan

Alas Tidur yang Seperti Ini Bisa Cegah Sakit Punggung

Sakit punggung bisa dialami akibat salah memilih alas tidur. Menurut dokter, alas tidur yang bersahabat bagi punggung dan tulang belakang adalah yang keras. Mengapa demikian?

“Tidur yang baik adalah tidur dengan alas yang keras dengan posisi telentang. Karena alas keras akan membuat tulang belakang lurus. Kalau alas tidurnya tidak keras, justru tidak mengembalikan tulang belakang ke posisi semula untuk istirahat,” kata dr Muki Partono, SpOT, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (26/12/2014).

Orang-orang zaman dahulu jarang sekali mengeluhkan sakit punggung. Menurut dr Muki, hal itu karena mereka memiliki kebiasaan tidur di balai-balai yang terbuat dari papan. Nah, papan yang keras justru membuat tulang belakang beristirahat.

“Back to the nature saja kalau tidak ingin punya masalah dengan back pain,” ucap dr Muki.

Beban tubuh, ujarnya, paling ringan pada saat posisi tubuh sedang tidur telentang. Bila posisinya miring, maka beban akan meningkat 3 kali. Beban berturut-turut meningkat pada posisi: duduk membungkuk, duduk, berdiri membungkuk, dan berdiri.

Soal alas tidur yang baik juga pernah disampaikan dr Benedictus Megaputera SpOT, MSi, dalam perbincangan dengan detikHealth beberapa waktu lalu. Alas tidur atau kasur yang terlalu lunak diungkapkan dokter yang akrab disapa dr Ega ini justru dapat menyulitkan tubuh untuk bergerak atau berpindah posisi di saat tidur. Akibatnya, otot-otot tubuh justru akan terasa pegal-pegal saat bangun dari tidur. Maka dari itu, dr Ega menyarankan pilihlah alas tidur yang permukaannya tidak akan berubah bentuk atau ‘amblas’ bila seseorang tidur di atasnya.

Bagaimana dengan pemilihan bantal? “Nah, untuk penggunaan alas kepala atau bantal memang dipengaruhi oleh kebiasaan. Tapi sebaiknya ketinggian bantal dipilih sesuai kenyamanan karena hal ini akan membantu relaksasi otot-otot sekitar leher,” saran dr Ega.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: