//
you're reading...
Komputer

Cara membagi partisi dengan windows 7 tanpa software

Cara membagi partisi dengan windows 7 tanpa software

Partisi berasal dari bahasa Inggris yaitu partition atau pembagian . Jadi partisi disk dapat diartikan sebagai pembagian disk/pembagian memory . Hardisk pada komputer/laptop sebenarnya cuma ada 1, karena sudah di bagi-bagi jadi ada 3 kelompok, biasanya local disk C, Local Disk D dan Local Disk E.

Local Disk C biasanya menggunakan NTFS dan digunakan untuk menginstall Operation Sytem, seperti Windows. Sedangkan Local Disk D dan Local Disk E biasanya bisa berbentuk NTFS ataupun FAT32. Tapi kadang ada juga yang istall dual OS tapi beda partisi seperti misal di C dan di D , menurutku itu membuat data jadi tidak efektiv karena tertubruk windows  . Kalau mau install dual OS mending yang 1 partisi tapi di bagi menjadi dua sekat.. Jadi ga ganggu nyimpen data.. Untuk install seperti itu biasanya menggunakan software EASUS atau Partition Magic , tapi jangan sembarang pake, pengalaman penulis, dulu gara-gara install partition magic filenya corrupt, akhirnya partisi D dan E terhiden, bayangin laah… ada banyak data disana.. trus penulis mencari cara agar tidak di hiden, udah di ikutin pake command prompt, ealaaah… bukannya  sembuh malah eror laptopnya, ya sudah semua hardisk di format, trus bikin partisi baru lagi waktu install ulang#aduuh kok jadi curcol gini…

Okey kita lanjutkan cara membagi partisi:

1. Buka “computer management” dengan mengetik computer management pada startmenu

2. Buka disk management

3. klik kanan pada partisi yang akan di pisah. Klik shrink Volume

4. Masukan volume yang akan di buat, kalau aku sebagai contoh aku masukin 5000 = 5GB,. Gak berani banyak-banyak, soalnya datanya banyak..

5. Klik kanan pada volume yang baru tadi dan pilih new simple volume

6. Muncul ini, klik next

7. Klik next

8. Pilih drive , missal drive J kemudian klik next

9. Pilih file system, NTFS/FAT32, contohnya NTFS dan nama volume label

10 Kemudian klik next dan finish

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: