//
you're reading...
Sekedar info

Menghidupkan kembali VGA Card yang rusak atau mati total

Menghidupkan kembali VGA Card yang rusak atau mati total

Ilustrasi

Terkadang kita merasa kesal terhadap sebuah hardware komputer, terutama apabila ketika kita menggunakannya tiba-tiba saja hardware itu bermasalah alias mati atau bekerja kurang normal. sebenarnya hal tersebut tidak masalah apabila kita memiliki cukup uang, sehingga kita bisa membeli perangkat keras yang baru untuk menggantikan yang rusak. namun apa salahnya apabila kita bisa memperbaikinya sendiri, selain lebih hemat. tentu saja menambaha ilmu pengetahuan kita :D.

kali ini saya akan memberikan sebuah tips yang mungkin akan anda butuhkan pasa suatu saat nanti (memeperbaiki hardware komputer). dalam hal ini bahasan saya adalah mengenai kerusakan

VGA card.

Sebelum membahas trik memperbaikinya ada baiknya kita mengetahui dulu apa penyebab dari kerusakan VGA card tersebut. ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rusaknya sebuah kartu grafis (VGA CARD) yaitu antara lain adalah:
Faktor umur (usia pakai).
tentu saja kita sudah paham soal yang satu ini, ketika sebuah VGA card sudah memiliki masa usia pakai yang lama (3 – 6 tahun), tentu saja perangkat tersebut mengalami penurunan kinerja dikarenakan faktor pemakaian. dan harus kita fahami bahwa setiap komponen elektronika memiliki umur pakai (terbatas usia pakainya).
Faktor kelalaian penggunaan
penyebab kerusakan VGA card terkadang terjadi akibat kesalahan dari pengguna komputer, contohnya, kesalahan pemasangan/ tidak pas ketika memasangnya pada mainboard. komponen elektronik pada VGA ada yang terlepas, VGA terjatuh atau bahkan terkena cairan.
Dan terkadang penggunaan PSU yang dibawah standar dapat juga menimbulkan masalah pada VGA card.
Panas yang berlebih (overheat)
seiring dengan berjalannya waktu, komponen pada VGA card dapat mengalami penurunan kinerja dan biasanya VGA card juga menghasilkan panas yang berlebih, hal ini dapat juga mempengaruhi umur dari sebuah VGA CARD. anda mungkin tahu bahwa setiap komponen elektronika memiliki suhu kerja masing-masing, dan ketika komponen tersebut bekerja pada suhu di atas suhu kerja normal. maka hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari komponen tersebut. hal tersebut dapat kita rasakan pada performa VGA Card yang mengalami penurunan kinerja ketika overheat. biasanya ciri-cirinya adalah tampilan gambar yang semula normal menjadi patah-patah, terkadang kesalahn penampilan warna, atau bahkan freeze.
nah setelah barulah kita mulai berbicara mengenai trik memperbaiki VGA Card yang rusak atau bahkan mati total.
Proses perbaikannya sebenarnya sangatlah simple, pada dasanya kita hanya memanaskan ulang komponen yang berada pada sebuah VGA Card. ada dua metode yang dapat kita tempuh, yaitu dengan menggunakan HOT AIR GUN atau menggunakan OVEN. ya sebuah OVEN atau bahkan sebuah panci aluminium yang biasa digunakan untuk memasak air, hahahahaha XD~.
PERAHATIAN!! SAYA TIDAK DAPAT MENJANJIKAN 100% TRIK INI DAPAT BERHASIL, LAKUKAN DENGAN HATI-HATI DAN RESIKO DARI TRIK INI ANDA TANGGUNG SENDIRI.
Pemanasan VGA Card dengan hot air gun
yang pertama yaitu dengan menggunakan hot air gun, adalah merupakan sebuah alat yang biasanya digunakan dalam kegiatan servis perangkat elektronika, umumnya bisa di jumpai pada servis handphone. cara kerja alat ini adalah dengan meniupkan udara panas yang mampu mencairkan timah, sehingga hanya dengan memanfaatkan uap panas yang ada kita dapat menyambungkan suatu komponen ke sebuah PCB.
apabila kita mempunyai alat tersebut kita dapat mencoba menggunakannya, adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • nyalakan hot air gun
  • set suhu hingga 100 derajat celcius
  • set agar hembusan angin tidak terlalu kencang agar ketika hawa panas menerpa PCB, sehingga tidak ada komponen yang akan mungkin terlepas karena kencangnya hembusan angin dari hot air gun yang kita gunakan.
  • lepaskan heatsink atau pendingin yang ada pada VGA card
  • lindungi bagian yang mungkin akan terbakar atau meleleh sewaktu melakukan proses ini, misalnya kapasitor atau konektor plastik. untuk melindunginya anda dapat menggunakan plat seng tipis yang disesuaikan denga kebutuhan.
  • panaskan bagian chip memory dan chip BGA (chip VGA/GPU)
  • jangan terlalu lama melakukan hal ini, kerena tujuan utama kita adalah hanya untuk memanaskan kembali kaki sambungan chip yang terhubung ke pcb. agar solderan tersebut dapat menempel erat kembali.
Bagian VGA Card yang perlu di panaskan
  • tunggu beberapa saat hingga VGA menjadi dingin
  • setelah dingin kita pasang kembali perlengkapan VGA tersebut  (solder kembali kapasitor pada tempatnya, jangna lupa kutub positif dan negatifnya. pasang kembali heatsink pada tempatnya dan konektor yang sebelumnya kita lepas).
  • uji coba vga card tersebut pada komputer kita.
Pemanasan VGA Card dengan memanfaatkan oven atau panci.
ketika kita tidak memiliki hot air gun, kita juga tetap bisa memanfaatkan alat sederhana sehingga trik dan tips ini bisa anda terapkan dengan mudah.
untuk langkah pemanasan VGA Card dengan menggunakan oven adalah sebagai berikut:
    • pertama-tama kita siapkan oven atau panci terlebih dahulu, apabila menggunakan panci carilah yang memeiliki ukuran yang sesuai dengan VGA Card yang akan kita perbaiki.
    • cabut komponen yang mungkin akan terbakar bila terkena panas berlebih, dan bila perlu menggunakan solder (contohnya konektor fan/kipas, kapasitor biasa (non solid),  acessoris VGA yang berbahan plastik) dan jangan lupa lepas heatsink VGA card. untuk konektor DVI atau VGA tidak perlu di cabut, karena bahan plastik konektor ini memang di desain lebih tahan panas.
VGA card tanpa acessoris tambahan
  • setelah memastikan vga telah bersih dari bahan yang mudah rusak apabila terkena panas (lihat contoh gambar di atas), maka masukkan VGA Card tersebut kedalam oven atau panci (tanpa menggunakan air), bila menggunakan panci jangan lupa tutup panci tersebut.
  • nyalakan oven dan set hingga suhu 120 derajat celcius, apabila menggunakan panci set api agar jangan terlalu besar (gunakan api sedang).
  • panaskan VGA Card anda selama kurang lebih 4 menit, jangan terlalu lama. karena apabila terlalu lama dipanaskan maka kemungkinan besar pcb VGA Card dapat terbakar, chip hangus terbakar atau timah yang ada pada pcb mungkin akan terlalu cair sehingga komponen yang ada akan rusak karena saling terhubung secara tidak sengaja.
  • setalah itu matikan oven atau kompor yang anda gunakan dan biarkan agar vga menjadi dingin kembali.
  • setelah dingin kita pasang kembali perlengkapan VGA tersebut  (solder kembali kapasitor pada tempatnya, jangan lupa kutub positif dan negatifnya). pasang kembali heatsink pada tempatnya dan konektor yang sebelumnya kita lepas).
  • uji coba vga card tersebut pada komputer kita.
Memang tidak selamanya kedua trik ini berhasil, namun saya pribadi sudah pernah melakukannya sendiri dan 5 dari 7 vga card yang saya uji coba berhasil hidup dan bekerja normal kembali.
semoga bermanfaat 🙂
Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: