//
you're reading...
Sekedar info

Sistem Operasi Handphone

Perkembangan ponsel saat ini sudah sampai pada tahap pengelompokkan sistem operasi.Berbagai sistem operasi ponsel seperti Symbian,Windows Mobile,BlackBerry,dan terakhir adalah Android.Di sisi lain aplikasi-aplikasi berbasis java masih menduduki tempat teratas jajaran aplikasi ponsel.

Dengan begitu pesatnya perkembangan ponsel saat ini,terlihat dengan bermunculannya produk-produk anyar yang begitu banyak beredar di pasaran,maka mengulas berbagai sistem operasi ponsel menjadi menarik untuk di telusuri lebih dalam.Karena sistem operasi pada ponsel menentukan pula kualitas dan nilai jual pada sebuah ponsel.

Dan kali saya ini akan mengulas lebih dalam bagaimana sejarah dan perkembangan sistem operasi ponsel yang ada pada saat ini,yang saya kutip dari berbagai sumber.

Sejarah OS Symbian

Dimulai pd tahun 1998, Symbian pd mulanya merupakan perusahaan patungan dari beberapa vendor ponsel ternama di dunia seperti Nokia, Ericsson, Motorola & Psion. Kemudian disusul Matsusita (Panasonic) yg bergabung pd tahun 1999. Pada tahun 2000, mulai banyak pabrikan ponsel yg mengadopsi teknologi Symbian. Tak ketinggalan Sony & Sanyo pun melisensi Symbian OS pd tahun 2000. Diikuti Fujitsu & Siemens pd tahun 2001. Kemudian pd tahun 2002 Samsung juga ikut membeli lisensi.

Pd tahun 2002, Siemens & Sony Ericsson mengambil bagian sebagai salah satu pemegang saham Symbian. Samsung menyusul pd tahun 2003. Ponsel pertama yg dibekali sistem operasi Symbian yaitu Ericsson R380 di tahun 2000, berbasiskan Symbian versi 5 yg merupakan versi unicode dari EPOC versi 5 dari Psion. Kemudian berlanjut ponsel berOS Symbian dari vendor lainnya seperti Nokia yg meluncurkan Nokia 9210 & 9290 communicator berOS Symbian versi 6.0 masih di tahun 2000, versi ini merupakan versi pertama yg menerapkan platform terbuka. Symbian mulai didukung oleh para pengembang aplikasi dunia.

Pd tahun 2001 diluncurkan Nokia 7650 & 3650, series60 platform imaging phones (berkamera), yg mengadopsi Symbian versi 6.1 edisi pertama. Lalu disusul Sony Ericsson dengan P800 & P900 nya yg menyusul pd tahun 2003, berbasis Symbian versi 7.0 edisi kedua yg diciptakan untuk generasi ke tiga.

Masih di tahun 2003, sudah banyak ponsel yg berOS Symbian, diantaranya Nokia 6600, 3660/3620, N-Gage, 7700, Sendo X, Siemens SX1, Sony Ericsson P900, BenQ P30, Foma 2102 v & Motorola A920.Selanjutnya pd tahun 2004, Psion & Motorola menjual sahamnya kepada Nokia, sehingga menjadikan Nokia menguasai sebagian besar saham Symbian hingga kini, sekaligus memimpin penjualan ponsel – ponselnya di seluruh dunia .(symbian.com)

Sejarah OS Windows Mobile

Windows Mobile adalah sistem operasi yang kompak dikombinasikan dengan sederetan aplikasi dasar untuk ponsel berdasarkan Microsoft Win32 API. Perangkat yang menjalankan Windows Mobile termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan on-board komputer untuk beberapa mobil. Perangkat ini dirancang untuk menjadi agak mirip dengan Windows versi desktop, dan fitur-bijaksana aesthetically. Selain itu, pihak ketiga pengembangan piranti lunak tersedia untuk Windows Mobile. Awalnya muncul sebagai Pocket PC 2000 sistem operasi, Windows Mobile telah diperbarui beberapa kali, dengan versi yang Windows Mobile 6.5.

Microsoft pada 2008 yang diproyeksikan pengiriman perangkat dengan Windows Mobile akan meningkat dari 11 juta sampai 20 juta unit, tetapi tidak terjawab tujuan awalnya hanya menjual 18 juta lisensi Citing yang tertunda peluncuran Smartphone tertentu. Windows Mobile dari pasar sebagai sistem operasi untuk Smartphone di seluruh dunia telah jatuh dari 23% pada tahun 2004 turun sampai 12% pada 2008. [1] Windows Mobile sekarang memiliki pangsa pasar smartphone di seluruh dunia dari 14%. [2] lisensi Microsoft Windows Mobile ke empat keluar dari dunia lima produsen ponsel terbesar, dengan Nokia yang lain.

Windows Mobile untuk Pocket PC ini membawa fitur-fitur standar dalam sebagian besar dari versi:
-Today Screen menunjukkan tanggal saat ini, pemilik informasi, janji mendatang, e-mail, dan tugas.
-Taskbar yang menunjukkan waktu saat ini dan volume.
-Office Mobile suite yang Mobile versi aplikasi Microsoft Office
-Outlook Mobile datang dengan Windows Mobile.
-Internet Explorer Mobile browser internet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Pocket PC dan Handheld PC yang dimuat secara default dengan Windows Mobile dan Windows CE untuk Handheld PC.
-Windows Media Player untuk Windows Mobile.
-Klien PPTP VPNs.
-Internet Connection Sharing (ICS) yang memungkinkan ponsel terpasang komputer untuk berbagi koneksi internet melalui USB dan Bluetooth.

Windows Mobile berjalan pada berbagai platform perangkat keras termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan mobil. Hardware platform ini tidak selalu ada dari berbagai macam Windows Mobile.(kaskus.us)

Sejarah OS BlackBerry

BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mengejutkan dunia.

Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi Blackberry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server

Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+).

BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server.

Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61. E71), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya.

Sejauh ini, fasilitas Blackberry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.(ForumBlackberry.com)

Sejarah OS Android

Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android’s co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger, Rich Miner (co-pendiri Kebakaran liar Communications, Inc , Nick Sears (sekali VP di T-Mobile , dan Chris White (diketuai desain dan pengembangan antarmuka di webtv. Pada waktu itu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel.Hal ini dimulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler, meskipun tidak jelas apa fungsi itu mungkin tampil di pasar itu.

Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile didukung oleh kernel Linux yang mereka dipasarkan ke produsen handset dan operator pada premis memberikan yang fleksibel, sistem upgradeable. [Rujukan?] Hal ini melaporkan bahwa Google telah berbaris serangkaian komponen perangkat keras dan perangkat lunak dan memberi isyarat untuk mitra operator itu terbuka untuk berbagai tingkat kerjasama pada pihak mereka.Lebih spekulasi bahwa Google akan memasuki pasar telepon seluler datang pada bulan Desember 2006 .Laporan dari BBC dan The Wall Street Journal mencatat bahwa Google ingin pencariannya dan aplikasi pada ponsel dan sudah bekerja keras untuk memberikan itu. Cetak dan media online segera melaporkan rumor bahwa Google sedang mengembangkan handset bermerek Google.Lebih spekulasi diikuti laporan bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknis, ini menunjukkan prototipe untuk produsen ponsel dan operator jaringan.Pada bulan September 2007, InformationWeek menutupi sebuah studi Evalueserve melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.Akhirnya Google meluncurkan smartphone Nexus Salah satu yang menggunakan open source Android mobile sistem operasi. Perangkat ini diproduksi oleh Taiwan’s HTC Corporation, dan menjadi tersedia pada 5 Januari 2010.(myblogmyown.wordpress.com)

Teknologi ponsel memang tidak ada habis dan matinya,setiap bulan pasti ada saja muncul produk-produk baru,begitu juga dengan sistem operasinya.Sebenarnya masih ada lagi sistem operasi yang belum saya ulas disini,karena artikel ini sudah terlalu panjang,maka saya urungkan niat untuk memposting semuanya,karena takut para kompasianers malas untuk membacanya,insya Allah besok lagi ya saya lanjutkan.

*********************************************************************

Keunggulan lain dari ponsel yang ber-OS adalah memiliki kebebeasan lebih untuk men-download berbagai aplikasi tambahan yang tidak disediakan oleh vendor ponsel Sistem operasi-sistem operasi tersebut diantaranya adalah
• Sistem operasi Symbian
• Windows Mobile
• Sistem operasi Palm
• Mobile Linux
• Sistem operasi Blackberry

Sistem operasi Symbian
Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak mobile).Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor-vendor raksasa pada masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Nokia sebagai pemegang saham terbesar dengan angka 47,9 persen. Banyak dari produk nokia ber-OS Symbian (termasuk ponsel saya, NOKIA 6120 Classic, OS Symbian S60 v9.0 3rd edition). Symbian dipandang lebih unggul karena:
1. Sistem operasi ini sejak awal dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi dari komputer.
2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP, Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.
3. Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga supaya para vendor bisa menvariasikan produk-produknya. Ada empat jenis UI yang beredar saat ini yaitu: Series 60 (misalnya Nokia N70, N91, Siemens SX1, Samsung D700, D710, Panasonic X700, X800); Series 80 (Nokia N9210, 9210i, 9300); Series 90 (Nokia 7700 dan 7710); UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A920, A925, A1000, A1010). Symbian MOAP (Mobile Oriented Applications Platform), contohnya adalah Mitsubishi D800iDS yang memiliki dual screen yang pengoperasiannya mirip dengan Nintendo DS yaitu 2 screen dan hanya screen bagian bawah yang memiliki fungsi touch screen.

Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone dan para
operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).

Windows Mobile
Adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. Sistem operasi Windows Mobile dimulai dari
• Pocket PC 2000
• Pocket PC 2002
• Windows Mobile 2003. Memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition
• Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE)
• Windows Mobile 5
• Windows Mobile 6, memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio. Contoh: Eten Glofiish X650 menggunakan Windows Mobile 6.0 Profesional

Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC. Contoh perangkat yang ber-OS Windows Mobile seperti Audiovox SMT 5600, iMate SP3i, Samsung SCH-i600, Mio 8390, Sagem myS-7, Orange SPV C500, HP iPAQ rw6100, Motorola MPx220, O2 Xphone, dan O2 Xphone II. PDA adalah Acer n30, ASUS My Pal A716, HP iPAQ h5555, dan Mio 558.

Keunggulan yang ditawarkan seperti
1. Sebagian besar teknologi IT (information technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.
2. Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS, menonton televisi, serta Mobile Database.
Kelemahannyan adalah Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

Mobile Linux
Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android. Platform software berbasis Linux diantaranya adalah MOTOMAGX dan Qtopia. MOTOMAGX merupakan platform Linux mobile dari Motorola. Produk pertama yang didasarkan pada platform ini adalah ponsel MOTOROKR Z6 dan MOTORAZR2 V8. Qtopia Phone Edition merupakan platform software dan antarmuka untuk Linux, yang dikembangkan oleh perusahaan Trolltech. Qtopia Greenphone, merupakan perangkat pengembangan Linux mobile yang ditujukan untuk berbagai aplikasi baru.

Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.

Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel. Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.

Contoh ponsel ber-Linux OS: Haier N60, Motorola A760, E895, NEC N900iL, dan Samsung SCH-i519. Produk-produk PDA seperti Sharp SL-C3000, Sharp Zaurus SL-C1000, Compaq iPAQ, IBM e-LAP reference design, dan Nokia 770 Internet Tablet.

Sistem operasi BlackBerry
Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam
perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI. RIM sebagai developer untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz, suatu aplikasi yang memiliki fungsi officeseperti Word to Go, Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.

System operasi Palm
Contoh peproduk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

Sedangkan handphone yang saya gunakan adalah NOKIA 6120 Classic. Setahun saya menggunakan handphone ini dan saya cukup puas menikmati beberapa fitur yang disuguhkan. Nokia 6120 Classic ini merupakan ponsel yang disokong OS Symbian S60 v9.0 3rd edition. Walaupun tidak jauh beda
dari handphone-handphone symbian 3rd lainnya, halaman muka dari handphone ini mempertontonkan deretan menu shortcut yang menyerupai menu today pada PDA, system yang bekerja pada handphone ini mampu berakselerasi dengan baik meski clockspeed prosesor sekelas ARM 11 yang digunakan hanya berkisar 369 samapi 376 MHz, hal ini terbukti saya tidak mengalami hambatan saat membuka berbagai aplikasi dalam satu waktu yang sama.
Sebagai handphone berbasis Symbian 3rd edition handphone yang saya gunakan ini telah ditanamkan software untuk kepentingan Office yaitu Quick Office(maaf, belum saya maksimalkan penggunaannya) dan Adobe PDF. Dengan OS symbian ini saya lebih bebas memanamkan aplikasi lainnya seperti eBuddy (untuk Messenger), MP3 Dictaphone (untuk mendengarkan music .mp3), Thema DIY (untuk membuat Thema dengan kreasi sendiri), beberapa aplikasi Java lainnya seperti PD Dictionary, English Mini Alkitab Go Bibile, NIV Go Bibile, KJV Go Bible, dan Opera Mini 4.

**********************************************************

Sistem operasi mobile (bahasa Inggris: mobile operating system, disingkat Mobile OS) adalah suatu sistem operasi yang mengontrol sistem dan kinerja pada barang elektronik yang mobile, mirip dengan fungsi Windows, Mac OS X, dan Linux pada Desktop PC atau Laptop/Notebook tetapi lebih sederhana. Biasanya penggunaannya hadir di ponsel pintar, PDA, tablet komputer, dan PMP.

Sejarah

Sistem operasi mobile telah lama hadir dalam kehidupan manusia, tepatnya 20 tahun yang lalu. Sebelumnya, handphone hanya bisa untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan atau menerima panggilan saja. Namun sekarang handphone sudah bisa terhubung dengan internet dan melakukan aplikasi bagai komputer, yang sekarang biasa disebut dengan smartphone. Hal itu dapat terjadi karena adanya Sistem Operasi Mobile yang terdapat pada smartphone atau handphone para pengguna. Pada tahun 1993 dirilis smartphone yang pertama, “IBM Simon” yang memiliki fitur layar sentuh, email serta PDA. Selang 3 tahun kemudian, tahun 1996 Palm Pilot 1000 memperkenalkan personal digital assistant (PDA) untuk pertama kalinya dengan sistem operasi Palm OS. Masih dalam tahun yang sama PC Handled untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan sistem Windows CE. 4 tahun kemudian, tahun 2000 Symbian menjadi sistem operasi mobile modern pertama pada smartphone yang diluncurkan oleh Ericsson R380.

Setahun kemudian, tahun 2001 The Kyocera 6035 menjadi pelopor smartphone pertama yang menggunakan Palm OS. Tahun 2002, Microsoft pertama Windows CE (Pocket PC) pada smartphone diperkenalkan. Masih pada tahun 2002, Blackberry merilis smartphone pertamanya. 3 tahun kemudian, tahun 2005 Nokia memperkenalkan Maemo OS pada tablet internet pertama Nokia N770. Lalu tahun 2007, Apple iPhone dengan iOS diperkenalkan sebagai iPhone “mobile phone” dan “internet communicator”. Setahun kemudian, tahun 2008 OHA yang dibentuk oleh Google merilis Android 1.0 dengan HTC Dream (T-Mobile G1) sebagai ponsel Android yang pertama.

Selanjutnya tahun 2009 Palm memperkenalkan webOS dengan Palm Pre. Namun pada tahun 2012 perangkat webOS tidak lagi dijual. Masih dalam tahun yang sama, yaitu tahun 2009, Samsung mengumumkan Bada OS dengan pengenalan Samsung S8500. Tahun 2010 Windows Phone OS dirilis namun tidak sesuai dengan Windows Mobile OS yang sebelumnya. Setahun kemudian yaitu tahun 2011 muncullah Nokia N9, kolaborasi dari Nokia, Intel dan Linux Foundation, yang merupakan MeeGo Mobile Linux yang pertama dengan menggabungkan Maemo dan Moblin. Dan tepat pada tahun ini, 2013, Blackberry merilis sistem operasi terbaru mereka untuk smartphone dan tablet blackberry 10.

Garis waktu

  • 1993 Ponsel pintar yang pertama, IBM Simon, memiliki fitur layar sentuh, email, dan fitur PDA dirilis.
  • 1996 Palm Pilot 1000 personal digital assistant(PDA) diperkenalkan pertama kali dengan sistem operasi Palm OS.
  • 1996 PC handled pertama dengan sistem Windows CE diperkenalkan.
  • 2000 Symbian menjadi sistem operasi genggam modern pertama pada ponsel pintar dengan munculnya Ericsson R380.
  • 2001 The Kyocera 6035 menjadi ponsel pintar pertama yang menggunakan Palm OS.
  • 2002 Microsoft Windows CE versi Pocket PC untuk ponsel pintar diperkenalkan.
  • 2002 BlackBerry merilis ponsel pintar pertamanya.
  • 2007 Apple iPhone dengan iOS pertama kali diperkenalkan.
  • 2008 OHA merilis Android 1.0 dengan HTC Dream (T-Mobile G1) sebagai ponsel Android yang pertama.
  • 2009 Palm memperkenalkan webOS melalui Palm Pre.
  • 2009 Samsung memperkenalkan Bada OS melalui Samsung S8500.
  • 2010 Windows Phone OS dirilis.

Sistem operasi yang hadir di ponsel pintar

Sistem operasi umum

Sistem operasi yang berbasis linux dan banyak digunakan oleh para pembuat/pabrikan telepon genggam sekarang ini (Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson, LG, Huawei, dll)
BlackBerry OS atau disingkat BB OS berbeda dengan BlackBerry Tablet OS, BB OS diperuntukkan untuk ponsel pintar
iOS merupakan OS buatan Apple yang hanya hadir untuk produk-produk buatan Apple
Symbian terdiri dari beberapa mobile OS yang tidak saling mendukung secara penuh; S60 3rd edition, S60 5th edition, S80, UIQ, MOAP, dan Symbian^3/Anna. Yang masih dikembangkan adalah yang berbasis Symbian^3.
Windows Phone sebelumnya dinamai Windows Phone 7 series dan diperkenalkan pertama kali pada bulan februari 2010. Seri pengembangan lebih lanjut memiliki kode nama Mango.

Sistem operasi lainnya

BB10 merupakan sistem operasi terbaru yang dikembangkan RIM, dengan menggabungkan sistem operasi BlackBerry OS dan BlackBerry Tablet OS/QNX.
Meego merupakan proyek kerjasama antara Nokia dan Intel, tetapi kemudian tidak dilanjutkan oleh Nokia, dan hanya ada 2 telepon genggam buatan Nokia yang menggunakan sistem operasi Meego; Nokia N9 dan Nokia N950 (hanya untuk pihak pengembang).
Sistem operasi ini hanya digunakan pada perangkat keras buatan Samsung dah hanya terdapat pada ponsel seri Wave.
Brew banyak digunakan oleh perusahaan Huawei, INQ Mobile, Amoi, and Samsung. Biasa pengguna perangkat keras yang menggunakan sistem operasi Brew tidak mengetahui kalau mereka menggunakan sistem operasi tersebut. Brew MP, penerus dari Brew, telah pernah digunakan pada 2 buah telepon genggam HTC.
Pada tanggal 14 februari, LiMo foundation mengumumkan akan merilis versi terbaru dari sistem operasi LiMo, yaitu LiMo 4. LiMo yang berbasis Linux umumnya banyak digunakan pada produk NTT Docomo.
  • Tizen dari Samsung
adalah sistem operasi yang baru dibuat oleh samsung untuk menggantikan dominasi android yang sekarang sedang berkuasa
  • Firefox dari Mozilla Firefox
sistem operasi yang sengaja dibuat Mozilla Firefox sebagai penantang sistem operasi Android.

Sistem operasi yang sudah tidak dilanjutkan

terdiri dari 2 versi yaitu; versi PocketPC dan versi SmartPhone
  • Palm OS/Garnet OS dari Access Co. (closed source, proprietary)
  • webOS dari HP (certain parts open sourced)
  • Ubuntu Mobile dari Canonical Ltd.
  • DangerOS dari Danger, Inc.
  • Nucleus dari Mentor Graphics

Sistem operasi yang akan hadir

OS yang dibuat oleh Mozilla Foundation yang terkenal sebagai pembuat browser Firefox
Merupakan OS buatan Alibaba, perusahaan penyedia jasa jual beli barang terbuka di China yang mirip dengan ebay
  • Korean OS
OS yang belum memiliki nama, proyek gabungan dari pemerintah Korea, Samsung, dan LG.
  • Kubuntu Mobile dari Canonical Ltd.
  • Baidu Yi dari Baidu
Baidu merupakan search engine terbesar di China dengan pasar 80%, sistem operasi ini berbasis pada Android. [1]
OS hasil kerjasama antara Samsung, Intel, dan Linux Foundation, berbasis Linux.[2]
Meltemi adalah sistem operasi yang dikhususkan untuk pasar ponsel menengah kebawah menggantikan platform Nokia S40.
  • WoPhone dari China Unicom

Smartphone OS market share

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_telepon_genggam

Source Year Symbian Android RIM iOS Microsoft Other OSs
Gartner [3] 2011 Q1 27.4% 36.0% 12.9% 16.8% 3.6% 3.3%
Gartner [4] 2010 37.6% 22.7% 16.0% 15.7% 4.2% 3.8%
Gartner [4][5] 2009 46.9% 3.9% 19.9% 14.4% 8.7% 6.1%
Gartner [5][6] 2008 52.4% 0.5% 16.6% 8.2% 11.8% 10.5%
Gartner [6] 2007 63.5% N/A 9.6% 2.7% 12.0% 12.1%
Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: