//
you're reading...
Sekedar info

10 Sifat Bidadari Dunia dalam Al-Qur’an

DALAM artikel sebelumnya pernah membahas tentang “Penghuni Neraka Lebih Banyak Wanita”. Hal tersebut berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW berikut.

Dalam sebuah Hadit Shohih Rasulullah SAW bersabda, “Saya melihat neraka dan ternyata mayoritas penghuni-nya adalah kaum wanita” Seseorang Wanita berkata, “Ya Rasulullah mengapa para wanita?” Rasulullah SAW menjawab, “Karena mereka kufur”. Wanita tersebut bertanya lagi kepada Rasulullah, “Apakah mereka kufur kepada Allah? Rasulullah SAW menjawab, “Mereka kufur (tidak berterimah kasih) kepada (pemimpin) keluarga dan memperbanyak laknat. Seandainya kamu berbuat baik kepada salah seorang dari mereka sepanjang masa kemudian dia (wanita) melihat sesuatu padamu, Niscaya dia berkata,”Saya tidak melihat kebaikan apapun padamu,” (HR.Bukhari : 1037).

Jika hal itu telah diketahui, maka Allah telah membuat beberapa teladan dari kalangan wanita mukhminah sepanjang sejarah, sejak Allah menciptakan Nabi Adam As, sampai Allah mengambil kembali Bumi dan segala Isinya.

Ada 10 (sepuluh) sifat dan jika semuanya terdapat pada diri seorang wanita,
maka dia berhak mendapatkan kabar gembira, yakni Surga.
Di antara ke-sepuluh sifat itu adalah:

1. Iman kepada Allah SWT
Iman yang menjadikan pengawasan Allah lebih dekat kepada dirinya dari urat leher. Dia selalu mengingat Allah pada saat sendiri ataupun bersama, pada saat Sulit dan Mudah.
Allah SWT berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan,” (QS.An Nahl :97).

2. Berdiam diri di rumah dan tidak bertabaruj (bersolek untuk orang lain)
Wanita diharuskan diam di rumah. Jikapun hendak keluar maka harus dengan izin suaminya. Tabaruj dalam hal ini adalah bersolek untuk orang lain. Seorang wanita yang sudah bersuami maka diharuskan bersolek untuk suaminya.

Seperti Firman Allah SWT, “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.(QS.Al Ahzab :33)

3. Menundukan Pandangan dan Menjaga Diri-nya.
Allah SWT berfirman, Katakanlah kepada wanita yang beriman “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya,” (QS.An Nuur :31).

4. Menjaga lisan-nya dari ghibah (menggunjing) dan namimah (adu domba).
Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan buruk sangka (kecurigaan), karena sebagian dari buruk sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang,” (QS.Al Hujuraat :12).

5. Menjaga pendengarannya dari nyanyian,ucapan kotor dan sejenis-nya.
Rasulullah SAW bersanda, “Niscaya Akan muncul di suatu Jaman kaum dari Umatku yang menghalalkan Zina,Sutera,Khamr dan Alat-alat Musik,” (HR.Bukhari).

Allah SWT berfirman, “Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan,” (QS.Luqman :6).

http://www.islampos.com/10-sifat-bidadari-dunia-dalam-al-quran-110198/

 

 

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: